Sabtu, 26 Mei 2018

Resensi "Ber3.1.7an"


Bersama Lebih Bermakna

Judul Buku           : Ber3.1.7an
Penulis                 : Gadis, Kika, Vika
Penerbit               : PT. Kompas Media Nusantara
Kota Penerbit      : Jakarta
Tahun Terbit        : 2011
Jumlah Halaman : xx + 180 halaman
ISBN                   : 978-979-709-594-9
Genre                  : Antologi, Romantis, Fantasi, Fiksi sejarah
Harga                  : Rp10.000,-


                        Ini adalah buku tentang persahabatan. Yaitu Gadis, Vika, dan Kika yang bertemu disalah satu pemberhentian bus. Dalam buku ini terdapat kumpulan cerpen, berisi 21 cerpen dimana ke-20 cerpennya memiliki judul yang sama, tapi ditulis oleh dua individu berbeda, dengan tema yang berbeda pula. Adapun Gadis yang melemperkan judul-judul dan Vika dan Kika yang mengembangkannya menjadi cerita-cerita.
                        Dalam buku ini, terdapat 21 cerita yang ke-20 cerita tersebut memiliki judul yang sama tapi ditulis oleh 2 orang yang berbeda dengan tema yang berbeda pula. 20 cerita itu berjudul 20.30, Durian dan Kepiting, Cincin Kawin, Kaleng Bekas dan Pinang Merah, Gadis Bukan Dia, Semoga Saya Jatuh Cinta, dan Revisi Do’a. Kika dan Vika menulis cerpen sesuai dengan apa yang mereka ingin tulis dengan judul yang sama pula. Jadi dalam satu judul, terdapat 2 cerita yang berbeda. Setiap karangan mereka memiliki keunikan yang menarik. Tiap-tiap cerita yang dibuat oleh Kika banyak bertemakan tentang lika-liku hubungan percintaan antara dua insan. Berbeda fengan karangan dari Vika, karanganya memiliki tema yang bermacam-macam, tapi juga tak lepas dari cerita percintaan.
                        Pada suatu malam, tanpa Gadis, Kika dan Vika menulis cerita. Sebelumnya Kika dan Vika tidak pernah menulis cerita secara bersamaan. Saat itu, mereka mulai bereksperimen membuat suatu cerita dalam satu waktu, satu ruang, bersamaan secara harfiah yang dipersembahkan untuk Gadis.
                        Buku ini cukup merarik dari bahasa yang menarik dan terkadang sulit dimengerti. Apalagi dalam satu buku memiliki banyak cerita dengan judul yang sama namun dengan tema yang berbeda. Buku ini juga cocok untuk penulis-penulis muda yang ingin membuat karya tulisnya sendiri, karena dalam buku ini memiliki banyak cerita yang bisa dijadikan tambahan wawasan untuk menulis cerita.
                        Dari sampul depan yang menggambarkan isi dari buku. Rambu yang berbentuk segitiga terbalik, dengan sudut menghadap keatas kali ini dihadapkan ke bawah. Dalam rambu tersebut terdapat gambar tiga garis dari tiga arah yang berbeda dan menyatu ke satu tujuan. Jujur saya tidak begitu suka dengan sampulnya. Bila saya berjalan-jalan ke toko buku, saya yakin buku ini tidak akan dilirik banyak orang bila hanya mengandalkan sampulnya.
                        Menurut saya, buku ini sangat menarik apalagi bagi orang yang suka dengan cerita yang bertema romantis. Selain itu, buku ini juga memiliki harga yang terjangkau dan tebal buku yang tidak begitu tebal dan bisa dibawa kemana-mana. Akan tetapi, buku ini tidak cocok untuk orang berusia dibawah 20 tahun, karena dalam buku ini mengan banyak unsur-unsur yang tidak cocok untuk orang usia dibawah 20 tahun, seperti perselingkuhan.

















Penulis Resensi 

Nama               : Rico Ferdian Maulana Putra Surya
No. / Kelas      : 27 / XI MIA 2
Sekolah           : SMA Negeri 1 Kepanjen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar