Selasa, 29 Mei 2018

Resensi "In a Blue Moon"


Karena Cinta Bisa Berawal dari Benci


Judul                     : In a Blue Moon
Penulis                   : Ilana Tan
Penerbit                : Gramedia Pustaka Utama
Kota Terbit           : Jakarta                                           
Tahun Terbit         : April 2015
Jumlah Halaman     : 318 halaman
Genre                    : Fiksi
ISBN                    : 978 – 602 – 03 – 1462 – 4
Harga                    : Rp 70.000,00





          Ilana Tan adalah seorang novelis Indonesia yang telah dikenal karena menulis 7 novel roman yang masing-masing novelnya disajikan dengan cerita yang latarnya bebeda-beda. Ilana Tan sendiri juga dikenal sebagai penulis yang misterius, karena dibagian “tentang pengarang” yang biasanya tertera di bagian paling novel, tidak dicantumkan foto profil dan keterangan detail tentnaf Ilana Tan.
           Novel In a Blue Moon menceritakan kisah pencitraan yang diawali dengan sebuah kebencian diantara 2 orang tokoh. Tokoh laki-laki di dalam novel ini bernama Lucas dan tokoh perempuan di dalam novel ini bernama Sophie Wilson.
           Lucas Ford adalah koki peraih bintang Michelin, juga pemilik Ramses merupakan restoran terbaik di New York, Lucas mempunyai wajah yang tampan dan disukai banyak wanita.
           Sophie Wilson, gadis berwajah Asia yang juga pemilik took kue A piece of Cake yang terkenal dengan tartletnya yang enak. Sophie Wilson juga menyukai pertunjukan teater.
           Lucas dan Sophie sudah saling kenal sejak SMA tetapi mereka tidak terlali akrab, tapi pada suatu ketika Lucas membuat kekacauan kedapa Sophie yang menyangkut tentang keluarga Sophie, dari peristiwa tersebut Sophie mulai membenci Lucas dan sampai suatu ketika Sophie pindah dari Chicago ke New York.
     Sepuluh tahun kemudian mereka dengan tidak sengaja bertemu di New York, tepatnya di pesta pernikahan kakak dari Sophie yang bernama Tyler. Pada saat itu sophie masih tetap membenci Lucas karena kesalahannya 10 tahun lalu kepada Sophie.
       Setelah pertemuan di pesta pernikahan Tyler, akhirnya Lucas dan Sophie kembali bertemu, dan akhirnya Lucas berusaha meminta maaf kepada Sophie, namun Sophie menolak permintaan maaf itu, tapi lama kelamaan setelah Lucas berusaha meminta maaf sophie menerimanya dengan baik dan dari peristiwa itulah Lucas dan Sophie semakin dekat dan Lucas mulai memperlihatkan ketertarikannya pada Sophie. Dengan hubungan mereka yang semakin deat mereka menjadi sering bertemu.
          Namun disisi lain Lucas memiliki teman, yaitu Miranda Young. Miranda ingin sekali Lucas melamarnya tetapi Lucas tidak mau karena Lucas sudah sangat mencntai Sophie. Walaupun Miranda menggunkan berbagai cara untuk meyakinkan Lucas.
Tidak hanya Lucas dengan Miranda tetai ada juga Adrian. Adrian adalah masa lalu sophie yang mencoba untuk kembali lagi kepada Sophie tetapi Sophie tidak mau kembali berhubungan dengan Adrian, dan teman Sophie yaitu Nicholas Li sangat setuju kalau Sophie dan Lucas bertunangan.
Pada suatu hari Lucas datang ke took Sophie membawa sebuket bunga aster dan jantung Sophie berdebar keras, itu artinya Sophie sudah memaafkan Lucas sepenuhnya dengan cara Sophie mulai mebcintai Lucas. 
Kelebihan novel ini menurut Saya adalah terletak pada cover novelnya yang gambarnya sangat menarik dan menggambarkan toko A piece of Cake pada malam hari. Pada cover depan terdapat kata-kata “Kau mungkin tidak sempurna, tapi Kau sempurna untukku.” Menurut saya suatu cover dan kutipan tersebut yang menarik bisa menarik minat baca para pembaca. Kata-kata yang digunakan penulis juga mudah dimengerti oleh pembca dan membuat banyak rasa penasaran pada setiap bab-babnya. Dinovel ini juga banyak adegan romantic yang membuat pembaca bisa senyum-senyum sendiri.
Kekurangan dari novel ini adalah ada pada beberapa hal yang tidak dijelaskan secara merinci tentang bagaimana berdirinya toko dari Sophie Wilson tersebut. Lalu ada juga yang tidak dijelaskan kenapa tiba tiba Lucas sangat suka dengan dunia koki dan bisa mendapatkan gelar. Kekurangan berikutnya adalah tidak ada data diri dari sang penulis tersebut yang membuat setiap orang bertanya tanya siapakah Illana Tan sebenarnya.
Dari novel ini saya dapat mengambil beberapa pelajaran hidup yang penting, salah satunya kita harus menghormati keputusan orang tua ang kadang bertentangan dengan keinginan kita. Lalu saya juga dapat mengerti bahwa suatu kebencian yang tumbuh itu bisa terobati dengan adanya interaksi dengan orang yang kita benci walaupun itu terpaksa tetapi itu penting bagi kehidupan. Dan yang terakhir suatu kisah cinta itu tidak selalu diawali dengan suatu kesenangan atau kesukaan kepada seseorang tetapi kebencian kepada seseorang bisa berubah menjadi sebuah cinta yang harmonis.
















Penulis Resensi :
Nama                : Ghazyarda Aqilah Setya Candra
No. / Kelas       : 18 / XI MIA 2
Asal Sekolah    : SMA Negeri 1 Kepanjen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar