Selasa, 29 Mei 2018

Resensi 'Diary si Bocah Tengil “Diary of Wimpy Kid”'


                                                         Selembar Keju Busuk

Judul Buku          : Diary si Bocah Tengil “Diary of Wimpy Kid”
Pengarang            : Jeff Kinney
ISBN                    : 978-979-1411-20-2
Penerbit               : Atria
Tahun Terbit        : Mei 2009
Penerjemah          : Ferry Halim
Penyunting          : Annisa W
Jumlah Halaman : 216
Genre                  : Komedi




Jeff Kinney merupakan seorang penulis, kartunis, sutradara, dan produser asal Amerika kelahiran 19 Februari 1971. Salah satu karangannya adalah Diary of Wimpy Kid yang telah diangkat ke layar lebar pada tahun 2010, dan telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Diary si Bocah Tengil oleh Ferry Halim. Berkat novel ini Jeff Kinney mengalami kesuksesan dengan mendapat banyak penghargaan.
Buku Diary si Bocah Tengil ini menceritakan keseharian Greg Heffley, yang diawali dengan ibu Greg yang ingin Greg menuangkan semua persaannya dalam buku harian, awalnya ia tidak menuruti perintah ibunya, ia merasa menulis di buku harian terlalu kekanak-kanakan, namun karena paksaan ibunya, ia menyetujui akan menulis semua perasaanya di buku harian.
Greg adalah seorang anak yang baru saja menempuh sekolah jenjang menengah pertama, Greg merupakan anak kedua dari pasangan Frank Heflley dan Susan Heflley, Greg mempunyai dua orang saudara, kakaknya bernama Rodrick Heffley yang sangat usil dan adikanya yang selalu dimanja bernama Manny Heffley.
Di sekolahnya Greg ingin menjadi seseorang yang terkenal, akan tetapi akibat ketengilannya orang-orang beranggapan jika dia aneh, sehingga tidak ada yang mau berteman dengannya kecuali Rowley, anak mama yang selalu dimanja. Rowley dan Greg selalu melakukan hal-hal yang aneh selama awal tahun ajaran hingga akhir, namun selalu mendapat kesialan akibat perbuatannya sendiri, hingga pada akhirnya ketengilan mereka berakhir karena selembar keju busuk di halaman sekolah.
Secara keseluruhan novel ini memiliki cerita yang menarik dan alurnya tidak membosankan sehingga pembaca ingin membaca buku ini hingga akhir. Bahasa dalam buku jni juga tergolong ringan sehingga mudah dipahami. Novel ini juga dirancang seperti buku harian agar lebih menarik, selain itu buku ini juga disertai banyak ilustrasi yang cukup menghibur.
Akan tetapi, beberapa ilustrasi yang ada di novel ini menggunakan adegan yang kasar seperti menonjok, membully, dan menendang, yang kurang layak dibaca anak-anak, selain itu kertas yang digunakan juga terlalu tipis dan berwarna krem pucat sehingga mudah sobek dan terlihat kotor.
Novel ini cocok dibaca untuk kalangan remaja karena novel ini menceritakan kehidupan anak yang beranjak menjadi remaja disertai nilai moral yang dapat kita ambil seperti tentang bagaiman Greg dan Rowley bersahabat dan memperbaiki hubungan mereka saat ada dalam masalah, serta cara bagaimana menghormati orang yang lebih tua.

















Biodata Penulis
Nama              : Novi Lailatul Badriyah
Kelas               : XI MIA 2
Sekolah           : SMAN 1 Kepanjen
TTL                 : Malang, 08 November 2000
Alamat            : Jl. Raya Sawahan, No.75, Desa Sawahan, Kec. Turen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar