Selasa, 29 Mei 2018

Resensi "True Stalker"


Penguntit yang Beruntung

 
Judul buku                        : True Stalker
Penulis                             : Sirhayani
Penerbit                            : Mediakita
Kota penerbit                   : Jakarta
Tahun terbit                      : 2017
Jumlah halaman               : IV + 508 halaman
ISBN                                : 978-979-794-532-9
Genre                                : Fiksi
Harga                                : Rp 89.000,-



                Novel True Stalker merupakan novel pertama dari penulis yang bernama Sirhayani. Cerita ini pertama kali diterbitkan di wattpad, karena cerita tersebut mendapatkan respond yang positif dan dibaca lebih dari 9,4 juta kali, akhirnya cerita ini diangkat menjadi sebuah novel dengan judul yang sama.
                Novel ini menceritakan tentang kehidupan sekolah Adiba Ayudia yang merupakan siswi SMA kelas sepuluh. Adiba mempunyai hobi stalking dank arena hobinya tersebut menyebabkan dia berurusan dengan Sang Ketua OSIS yang bernama Agam Rafif Pratama. Berawal dari tanpa sengaja melihat Agam yang sedang merokok di ruang OSIS, membuat Adiba terjebak dalam suatu hubungan dengan Sang Ketua OSIS. Adiba dipaksa berpacaran dengan Agam demi menutup mulut Adiba agar tidak membocorkan hal yang dilihatnya.
                Buku ini merupakan novel remaja yang menarik, dari judulnya saja sudah membuat penasaran dan menarik perhatian sehingga banyak yang tertarik untuk membacanya. Novel ini mempunyai alur yang menarik dan sangat mudah untuk dipahami sehingga pembaca menikmati alurnya. Novel ini juga dibumbui oleh cerita – cerita lucu yang membuat pembaca tidak akan merasa bosan untuk menuntaskannya.
                Kelemahan novel ini terdapat dalam pemilihan kata – kata di dalam novel. Kata – kata yang digunakan merupakan ragam bahasa remaja yang tidak baku, seperti gue, elo, dan lain – lain. Ragam bahsa tersebut tidak bisa dipahami oleh orang yang tidak familiar dengan bahasa tersebut seperti pada orang tua dan orang dewasa yang tidak pernah mendengar atau menggunakan bahasa tersebut. Di dalam novel ini terdapat suatu percakapan dalam bentuk grup chat yang isinya menurut saya tidak jelas dan tidak penting.
                Novel True Stalker ini cocok kepada kalangan remaja yang menyukai kisah romantis pada masa sekolah. Novel ini tidak diperuntukkan untuk anak dibawah umur 13 tahun. Dengan membaca novel ini dapat membuat pembaca bernostalgia tentang kisah romansa saat masih SMA.




















Penulis Resensi :
Nama               : Dewi Arviana Pravita Sari
No. / Kelas      : 9 / XI MIA 2
Sekolah           : SMAN 1 Kepanjen

8 komentar: