Selasa, 29 Mei 2018

Resensi "Langkah Jitu Memulai Bisnis dari Nol"


Bisnis Tidak Harus Bermodal Utama Uang


Judul Buku                  : Langkah Jitu Memulai Bisnis dari Nol
Penulis                         : Bambang Suharno
Penerbit                       : Penebar Swadaya
Kota Terbit                  : Depok
Tahun Terbit                : Cetakan V. Jakarta 2006
Jumlah Halaman          : 116
Genre                          : Non Fiksi
ISBN                           : 979-489-985-2
Harga                          : Rp 19.000



            Ir.Bambang Suharno, lahir di Purwokerto 30 Maret 1967. Pendidikan dasar sampai perguruan tinggi diselesaikan dikota kelahirannya, yaitu SDN Tlaga (1972-1979), SMPN 1 Ajibarang (1979-1982), SMAN 1 Purwokerto (1982-1985), dan Fakultas Peternakan Universitas Soedirman (1985-1990). Saat ini penulis menjabat sebagai Direktur Indonesian Entrepreneur Society, Direktur PT. Gallus Indonesia Utama, perusahaan yang memiliki empat devisa usaha, yaitu Majalah Invoret, Majalah Satwa Kesayangan, penerbitan buku peternakan/agribisnis, dan organizer seminar/pelatihan peternakan. Penulis juga aktif menulis diberbagai media massa. Beberapa karya penulis dalam bentuk buku antara lain Bisnis Sambilan, Langkah Awal Menjadi Entrepreneur Sukses, Kiat Sukses Berbisnis Ayam, dan Beternak Itik Secara Intensif.
            “Mungkin Anda salah seorang yang menunda-nunda memulai suatu usaha dengan alasan tidak punya modal, padahal Anda hanya takut gagal.” Demikian kutipan yang terdapat di sampul muka buku ini. Lembar demi lembar buku ini menceritakan banyak kisah. Kisah yang diangkat adalah pejual es campur yang sudah bertahun-tahun dan sudah berpindah tempat. Dan seorang perantau yang memulai usaha hanya bermodal Rp 70.000 hingga sekarang mempunyai usaha kursus sendiri. 
Setiap kata yang disampaikan sangat mudah dipahami. Tips dan petunjuk praktis juga dijelaskan secara gamlang dan terbuka. Apa yang akan dihadapi jika memulai usaha, kemudian menghadapi persaingan, pemasaran produk dan sebagainya. Selain itu juga ilustrasi yang lucu ditampikan dibeberapa halaman membuat pembaca dapat lebih santai membaca isi buku Bambang Suharno ini.

Disebutkan oleh penulis bahwa untuk memulai bisnis diperlukan modal. Modal yang kita miliki dapat berupa otak kreatif kita dan jaringan persahabatan yang kita miliki. Jadi tidak selalu dalam bentuk uang. Selain itu semangat dan cita-cita yang tinggi serta keyakinan yang kuat untuk menjalani usaha. Pilihan usahapun bermacam-macam untuk para pemula. Berawal dari sandang, pangan , atau papan serta kebutuhan mendasar manusia yang lain seperti pendidikan, rekreasi dan usaha yang menjadi pendukung kebutuhan tersebut.
Begitupun ketika akan mempromosikan produk. Beberapa petunjuk praktis dikemukakan dengan jelas oleh penulis. Termasuk ketika menghadapi persaingan dan hal-hal yang mungkin saja terjadi seandainya pemasaran berhasil dilakukan. Perpaduan yang baik diperlukan dari 4 hal yang sangat penting, yakni produk, harga , tempat dan pemasaran. Empat hal itu sangat berguna memajukan sebuah usaha. 
Bila usaha semakin berkembang tentunya dibutuhkan karyawan yang pintar mengelola. Buku ini juga memberitahukan beberapa kriteria yang dapat dijadikan tips bagi para pelaku usaha dalam menentukan karyawan sebagai asset dalam usahanya. Begitupun saat mendelegasikan pekerjaan, sehingga sebagai owner, tidak selalu hadir diperusahaan karena sudah dikelola oleh beberapa karyawannya.
Kekurangan dari buku ini ialah tidak adanya gambar yang mendukung tulisan di dalamnya sehingga pembaca merasa bosan jika harus membaca tulisan yang sangat banyak tanpa disertai pendukung seperti gambar.
Buku ini juga memuat kisah dan data mengenai mengelola keuangan , mengontrol usaha agar berjalan lancar, mengelola produk dan seandainya gagal menjalankan bisnis. Bukan hanya pengetahuan yang bisa diperoleh tetapi juga sebuah tindakan yang akan dilaksanakan setelah selesai membaca buku ini. Memulai bisnis dari Nol, tidak ada salahnya untuk dicoba, kan? 


 




















Penulis Resensi :
Nama               : Achmad Yusron
No. / Kelas      : 2 / XI MIA 2
Sekolah           : SMAN 1 Kepanjen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar