Selasa, 29 Mei 2018

Resensi "Jomblo Guidebook"

Jomblo Itu Sendiri

Judul Buku      : Jomblo Guidebook
Penulis         : Edho Zell feat. V. J. Heru
Penyunting      : Kafisilly
Penyelaras Akhir: Andri Agus Fabianto
Penata Letak    : Kicky
Pendesain Sampul: Deff Lesmawan
Ilustrator      : Deddy Dwi dan Kicky
Penerbit        : Loveable
Tahun Terbit    : 2015
Tempat Terbit   : Jakarta
Cetakan         : Cetakan Pertama
Tebal Buku      : 204 halaman, 13 x 19 cm
ISBN            : 978-602-72905-6-3
Genre           : Fiksi-humor

Edho Zell adalah salah satu Youtubers. Ia lahir di Jakarta pada tanggal 10 Juli 1991 (26 tahun). Ia mulai berkarir sejak tahun 2010. Ia juga pernah menjadi salah satu nominasi di Indonesia KCA untuk Selebgram Favorit. Selain menjadi Youtubers, ia juga menulis buku yang berjudul Jomblo Guidebook.
Jomblo Guidebook adalah buku karya Edho Zell yang merupakan bentuk lain dari karya-karyanya di Youtube. Melalui buku ini, ia ingin karyanya lebih dikenal di kalangan masyarakat.
Buku ini ditujukan untuk para jomblo sebagai buku pegangan. Buku ini terdiri dari empat bab. Bab yang pertama berjudul ‘Area Jomblo’. Pada bab ini berisi tentang segala sesuatu yang berkaitan tentang jomblo dari tipe-tipe jomblo, trik jomblo untuk kenalan, cara mendapatkan cewek atau cowok sebelum Valentine, dan kisah-kisah lucu tentang jomblo yang berjudul ‘Asyik Sendiri’, ‘Wifi Mengubah Segalanya’, dan ‘Naksir Orang Gak Dikenal’.
Bab kedua berjudul ‘Pacaran’. Pada bab ini, ada satu kisah yang berjudul ‘Ada Apa Dengan Cinta’ yang menceritakan kisah lucu Cinta Uya Kuya. Kemudian bab ketiga yang berjudul ‘Random’. Pada bab ini terdapat beberapa judul cerita, yaitu ‘Tipe-Tipe Teman saat Ulangan / Ujian’, ‘Tipe-Tipe Orang saat April Mop’, Tipe-Tipe Peserta X-Factor Indonesia’, ‘Gue Mah Gitu Orangnya’, ‘Disitu Kadang Gue Ngerasa Sedih’, ‘Gue Tuh Gak Bisa Diginiin’, dan ‘Something di Bulan Puasa’.
Bab yang terakhir adalah ‘Bonus’. Bab ini berisi ‘Misteri Terbesar Abad Ini’ yaitu game tebak gambar yang berkaitan dengan kehidupan cinta para remaja masa kini. Kemudian juga ada percakapan anak-anak gaul tapi yang salah.
Buku ini merupakan buku yang bagus dan sangat menarik untuk dibaca. Edho Zell berhasil membuat pembaca terhibur dengan cerita-cerita lucu yang disajikan dengan banyak gambar sehingga pembaca tidak merasa bosan. Isi ceritanya sangat menghibur dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh pembaca karena bahasa yang dipakai ialah bahasa sehari-hari. Selain itu, design dari sampulnya cukup menarik dengan warna yang menarik dan kertas yang tebal.
Akan tetapi, bahasa yang digunakan dalam buku ini adalah bahasa gaul yang kurang cocok untuk kalangan anak-anak dan orang tua. Kemudian ada beberapa gambar dan bahasa yang sedikit vulgar yang kurang cocok untuk anak-anak.
Buku Jomblo Guidebook sangat cocok untuk kalangan remaja, khususnya para jomblo atau yang belum punya pasangan, karena kisah-kisah dalam buku ini mampu mewakili perasaan mereka. Dengan membaca buku ini, para jomblo akan termotivasi untuk terus semangat dalam menjalani hidupnya.












Penulis Resensi :

Nama            : Dimas Agung Gumelar

No. / Kelas     : 12 / XI MIA 2
Sekolah         : SMAN 1 Kepanjen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar